Rabu, 12 Mei 2010

Bahaya Penggunaan Produk Plastik


heyy agen hijau, tau ga sih, kalo penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari itu sebetulnya berbahaya.
bukan hanya berbahaya bagi kesehatan saja tapi juga bagi lingkungan kita.

bahaya plastik untuk kesehatan :
sebelumnya perlu diingatkan kembali dalam menggunakan produk plastik sebaiknya kita melihat kode yang ada dibawah produk plastik tersebut. Jika, kode 1, 3, 6, dan 7 (PC), seluruhnya memiliki bahaya secara kimiawi. Gunakan hanya sekali pakai! tapi jika kode 4, 5, dan 7 (SAN atau ABS) maka produk plastik tersebut aman untuk digunakan.

untuk produk plastik kode 1, 3, 6, dan 7 terdapat kandungan tertentu yang jika bocor ke makanan atau minuman bila terkena suhu dan kondisi(panas, berminyak dll) tertentu akan berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

bahaya plastik untuk Lingkungan :
selain berbahaya untuk kesehatan kita, ternyata plastik juga berbahaya untuk lingkungan disekitar kita.bahan plastik sendiri adalah sampah berbahaya yang susah dikelola karena Dibutuhkan waktu 1000 tahun agar plastik dapat terurai oleh tanah secara terdekomposisi atau terurai dengan sempurna. Saat terurai pun , partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Jika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan yaitu jika proses pembakaranya tidak sempurna, plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia. Dampaknya antara lain memicu penyakit kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf dan memicu depresi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar